Feeds:
Pos
Komentar

Posts Tagged ‘ikutan_lomba_cerpen zombigaret karena_ngerokok_itu_ngga_baik_SAMASEKALI!’

zombigaret

Barusan gue habis check-up ke dokter yang biasa gue datengin. Dokter langganan. Dokter yang bener-bener gue percaya sedari dulu. Tapi, setelah gue denger hasil yang dokter itu kasih tau. Gue jadi males untuk dateng lagi. Masih terngiang kata-kata dia kalau gue divonis terkena kanker paru-paru. SIAL!. Gue ngga sesering itu ngerokok!. Cuma 20 batang sehari, itu juga kalau lagi bete. Kalau kondisi gue lagi normal alias ngga ada masalah sih paling banter 13 batang aja. Sok tau banget sih tuh orang!

Gue lempar hasil pemeriksaan dokter tadi. Gue ambil rokok dari kantong kemeja. Gue hisap dalam-dalam asapnya. Emang nikmat banget kalau udah ngerokok. Bawaannya jadi ringan dan serasa bebas.
“Andi. Kamu harus mulai untuk berhenti merokok. Merokok Membunuhmu. Ingat kalimat yang tertera disetiap iklan rokok sekarang? Sudah lama saya ingatkan kamu Andi. Saya sudah mengenal kamu lebih dari 10 tahun. Bahkan semenjak kamu belum memulai mencoba untuk merokok. Sudah terhitung 20 tahun kamu berteman dengan benda kecil berbahaya itu. Kamu mau masa depan kamu yang masih panjang ini, kamu habiskan di rumah sakit? Saya tau, kamu butuh perjuangan lebih untuk bisa mengurangi rokok ditiap harinya. Tapi, cobalah untuk memulainya sebelum kamu berkata bahwa itu sulit. Sekarang, ingat pesan saya oke? Jangan coba untuk merokok lebih dari satu batang sehari. Tidak merokok sama sekali itu akan lebih baik!” SIAL! kata-kata dokter itu masih aja terus berputar dikepala! Apalagi wajahnya yang serius banget itu! Jadi kesel deh gue!

Lagi, gue ambil rokok dan mulai menyalakan pematik api. Sambil nikmatin kopi pahit yang gue bikin, gue buka beberapa situs yang menjelaskan tentang kanker paru-paru. Pas gue lihat gejala kanker paru, ternyata pas banget sama gejala yang gue alami. Suara serak, batuk-batuk (sering banget gue batuk-batuk sampai keluar darah dari tenggorokan), berat badan menurun (gue ingat banget tante gue bilang kalau badan gue jadi kurus kerempeng), sesak nafas (enggak terlalu parah sih, cuma sering banget kambuh). Gue jadi mikir, apa beneran gue kena kanker paru? perasaan gue sehat-sehat aja tuh. Malah dengan menghirup asap rokok, gue jadi tambah semangat. Atau jangan-jangan gue udah kecanduan banget sama ini barang hina. Tapi ya masa, gue baru sadar kalau gue kecanduan setelah 20 tahun ditemenin ini barang sih. Emang dasar bodoh gue ini. Gue klik kata images, gue liat deh gambar paru-paru yang terkena kanker. PARAH! Jijik banget! Apa bener nanti paru-paru gue bakalan se-jelek dan se-busuk itu? Udah mirip kayak mangga busuk! Malah lebih parah! Ah, SIAL! Apa beneran gue harus berhenti ngerokok?! Gue buka facebook, gue nemu fanspage Zombigaret. Apaan nih? Zombie si garet? aneh gini. Tapi entah kenapa gue jadi asyik lihatin tiap fotonya. Apalagi foto zombie yang disampingnya ada tulisan, “Jangan sampai kamu. Jadi seperti ini. Banyak penyakit kritis menghantui, sebelum kematian menghampiri. Stop merokok sekarang juga!” Itu zombie mirip banget wajahnya kayak gue. Kecuali bagian atas kepalanya. Engga mungkinlah otak gue sampai kelihatan alias diumbar kayak begitu. Haha. Tapi, gue jadi mikir. Apa beneran bakalan banyak penyakit kritis? Gue cek lagi tiap foto di Zombigaret. Zombie super seram yang gue lihat. Apa gue beneran bakal kelihatan kayak zombie si garet kalau gue terus ngerokok?

Gue lihat salah satu postingan di Zombigaret yang menyentuh hati gue (perasaan gue lembut juga yak!), tentang kisah Bimbim Slank yang berhenti merokok hanya karena tulisan anaknya di tempat korek api. Anak dia aja tau betapa bahayanya ngerokok. Bapaknya juga tau. Dan harusnya gue juga tau! Di usia gue yang udah 32 tahun ini, gue harus berubah! Ya! harus berubah! Gue bakalan berhenti ngerokok sebelum gue jadi Zombigaret beneran!

Gue ketik beberapa nomor dilayar handphone gue. Diujung sana, suara dokter terdengar. Dengan lantang gue katakan, “Dok, saya beneran berhenti ngerokok!”

———————————————————

Tulisan ini saya persembahkan (ceileeeh~ :v) untuk,
Lomba Menulis di Blog “Diary sang Zombigaret”
Kenali Zombigaret lebih dekat lewat fanspagenya Zombigaret!

Seriusan mau ngerokok?
Seriusan lo?
SERIUS LO?

Read Full Post »